Sumber-sumber Ide dalam membuat Postingan Blog

gambar dari google

Mempunyai sebuah atau lebih banyak Blog takkan lepas dari upaya update postingan, seperti sebuah kewajiban yang harus terus dilakukan, maka mencari sumber ide postinganpun menjadi hal yang sangat "urgen". Anggaplah kita mempunyai media buat publik yang harus kejar tayang, tanpa didasari sebuah ide maka akan sulit melanjutkan postingan.
Percaya atau tidak seorang penulis membutuhkan sumber-sumber ide yang harus digali dan dikembangkan. Secara umum ide-ide tersebut dapat digali dari sumber-sumber seperti uraian dibawah ini :
  1. NEWS atau BERITA : Seluruh berita yang dianggap Hot News dipercayai sebagai alat pendongkrak trafic blog. Namun disinilah letak pentingnya seorang Blogger agar terhindar dari plagiat, maka dianjurkan untuk membuat review dengan menyebutkan sumber tulisan saja yang lebih aman. Contohnya : Masih hangatkan berita tentang Merapi ? kita bisa membuat review dari beberapa berita tentang Meletusnya Merapi. Jangan berbelit-belit kalimatnya, tetapi harus singkat,jelas dan mudah dimengerti. Dari kejadian Merapi bisa saja dikaitkan dengan tips dan trik yang bermanfaat dalam menghadapi bencana alam atau dikaitkan dengan cerita motivasi untuk tetap semangat dan tabah menghadapi bencana serupa. Dan banyak lagi contohnya.
  2. OBROLAN atau CHATTING : Bagi kita yang terbiasa ngobrol sana sini, ada hal yang bisa menjadi ide membuat postingan. Inspirasi yang timbul dari sebuah obrolan akan melahirkan banyak bahan yang harus dikaji dan dikembangkan menjadi sebuah tulisan. Biasanya jika obrolan mengarah kesebuah permasalahan yang sedang trend, ada celah-celah inspirasi sebagai inti dari rencana tulisan kita. Contohnya : Obrolan tentang Internet akan banyak melahirkan ide-ide postingan, baik tentang mesin pencari dan softwarenya, tentang blogspot yang familiar dengan bloger, tentang antivirus gratisan dan lain sebagainya. Semua harus dikemas dengan bahasa pengantar kita yang mudah dicerna.
  3. ALMANAK atau TANGGALAN : Barang yang satu ini adalah barang yang sering kita jumpai sehari-hari, tidak sulit mencarinya karena memang Almanak merupakan barang cetakan yang wajib dipajang diruangan. Pengingat tanggal sangat erat dengan hari-hari tertentu dan sudah menjadi bahan referensi penting. Biasanya kita diingatkan dengan tanggal kejadian atau Hari Besar, dari sinilah ide postingan bisa muncul dengan sendirinya apalagi dikaitkan dengan kejadian sebelumnya yang menjadi urutan kisah menarik. Contohnya : Bulan Desember 2010 disana ada tanggal 7 sebagai Tahun Baru 1432 H atau tanggal 25 sebagai Hari Natal. Secara spontan seorang blogger akan mengkaitkan tanggal tersebut kedalam peristiwa masa lalu sehingga muncul ide postingan tentang Sejarah Tahun Islam atau Sejarah Natal. Jika dibuat dengan sentuhan pemaparan kalimat yang baik dan menyenangkan akan menghasilkan postingan yang dicari pengunjung blog.
  4. CURAHAN HATI atau CURHAT : Merupakan sebuah rangkaian kata yang mengangkat tentang pengalaman pribadi, baik jujur atau tidak jujur, biasanya akan mempengaruhi orang untuk memberikan komentarnya. Biasanya bisa berupa tips, berupa saran atau berupa sanggahan menurut pemikiran masing-masing komentator. Contohnya: ketika kita ungkapkan keresahan menghadapi usia pensiun, kewaswasan menghadapi hari tua, sejujurnya hal ini akan membangkitkan kepenasaran orang lain untuk ikut nimbrung dalam komentar. Bisa jadi keresahan kita menjadi bahan kajian buat pembaca agar dapat menghindari hal-hal yang tidak semestinya. Curhat juga akhirya menjadi sumber ide untuk membuat sebuah postingan.
  5. PERISTIWA atau KEJADIAN hari ini : Sebuah Peristiwa atau kejadian terkini banyak kita jumpai melalui mass media cetak atu elektronik, begitu cepat dan mudah dicerna. Nah jika kita kaji lebih dalam, maka akan lahir ide postingan dari kejadian tersebut. Contohnya : Ada kejadian Kecelakaan Lalu Lintas yang sempat kita saksikan dijalan, dari sinilah munsul ide untuk mengulas tentang Tips Keamanan Bagi Pejalan Kaki, Tips Berkendaraan dijalan umum dan lain sebagainya. Bahkan lebih jauh dari itu kita bisa membuat sebuah usulan perlunya penataan trotoar, perlunya tanda penyebrangan jalan dan banyak lagi ide-ide yang bisa menjadi bahan postingan.
  6. BELAJAR DARI ORANGLAIN : Apapun materinya kita banyak belajar dari oranglain, dari tulisan atau artikel orang, belajar dari blog lain. Tetapi semestinya kita menuliskan dengan gaya kita sendiri, dengan tutur basa yang kita kuasai sendiri, dengan teknik menulis sendiri tanpa melupakan etika menulis dan sopan santun bertutur kata. Tidak semua orang bisa membuat karangan sendiri yang bersifat original, tetapi tidak semua orang bisa membut review tulisan orang lain. Kecual dengan tahapan belajar dan belajar menulis, sampai kita menemukan jati diri kita yang sebenarnya. Maka akan lebih mudah menuangkan pikiran dan ide dalam setip postingn kita.
Demikianlah uraian tulisan saya yang pnjng lebar ini, semoga menjadi manfaat bagi teman-teman blogger atau mereka yang membutuhkan referensi tulisan. Jangan lupa selalu sebutkan sumbernya dan tuangkan dalam email undangan kesetiap individu yang kita kenal. Selamat berbloging ria.

0 komentar:

Posting Komentar